Blog Kajian Muslimah






Friday, March 24, 2006
Doa yang Efisien dan Efektif
Assalammu`alaykum wr.wb.

Alhamdulillahilladzi arsala rosulahu bil huda wa dinilhaq, liyudzhirohuu `aladdiniqullihii walau karihal mussyrikuun, Ashadu ala ilaahaillah waashhaduanna muhammadarrosululloh.

Kita patut bersyukur dengan segala ni`mat yang Allah telah ,baik ni`mat iman, sehat dan ni`mat berukhuwah dengan sesama muslimah dimanapun berada.
Semoga pertemuan KAMUS ini juga dicatat sebagai amalan dalam rangka taqarubb ilallah.**************************"

Berdoalah kepada-Ku,niscaya akan Ku-perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orangyang menyombongkan diri dari dari menyembah-Ku akan masuk neraka jahannam dalamkeadaan hina dina."(QS,al-Mu`min:60)

"Barangsiapa yang tidak berdoa kepada Allah maka Allah murka kepadanya."(HR.Tirmidzi)

Siapa yang tak pernah berdoa selama hidupnya? Pertanyaan di atas hanya ingin mengingatkan bahwasanya sebagai makhluk yang lemah,kita pasti memerlukan yang berKuasa atas diri ini baik ketika dalam keadaan susah maupun senang. Hanya saja kebanyakan manusia hanya ingat kepada Khaliqnya saat `terjepit` dengan berdoa agar cepat berlalu masalahnya.


Doa:manifeatasi dzikrullah

Doa sebagai ekspresi dzikrullah merupakan saripati ibadah yang dapat memberikan kesadaran diri cognizance (self awareness);senantiasa merasakan kehadiran Allah dan pengakuan kelemahan
diri. Doa pada dasarnya bukan sekedar ritual melainkan sebuah oase di tengah gurun kegersangan ruhani dan di tengah rimba keresahan duniawi.

Doa yang benar akan membawa keteguhan dalam prinsip hidup. Dengan doa pula seseorang akan memiliki sikap optimis, karena doa pada hakekatnya merupakan rintihan,curhat dan harapan akan curahan pertolongan seorang hamba kepada Khaliqnya. Karena doa merupakan dzikrullah,maka ia otomatis tidak dapat dipisahkan dari keimanan kepada Allah,Zat yang senantiasa ada untukdipuja dan dimohon dan telah memerintahkan hamba-Nya untuk tidak jemu memohon kepada-Nya.
Allah swt mencintai hamba-Nya yang rajin berdoa secara benar dan kontinyu.

Dalam terminologi Islam,konsideran doa tidak sekedar takut(khauf)yang melahirkan jiwa tabah,berani dan rasa harap(roja`)yang melahirkan jiwa yang optimis dan menumbuhkanmotivasi tapi juga terdapat gelora cinta(mahabbah)yang menghidupkan dan menerangi jiwasehingga akan semakin mesra hubungan dengan Allah sang Maha Kekasih."Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yang apabila disebut nama Allah gemetar hatinya dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka ,bertambah kuat imannya dan hanya kepada Rabb mereka bertawakal." (QS al-Anfal:2)

Kekuatan doa

Doa merupakan esensi jiwa yang harus disampaikan dari nurani terdalam dengan penuh kesadaran, sehingga doa yang dilatunkan dapat melahirkan kekuatan(energi)spiritual bagi orang yang berdoa. Doa,sebagaimana kesimpulan pakar psikologi,merupakan kekuatan terbesar untuk memecahkan masalahnya. Sebuah pengalaman ketika seseorang dalam keadaan terperangkap kawanan copet di mikrolet, tak ada yang dapat menolongnya.Ketika itu hanya ingat akan bantuan dari yang Maha Penolong,maka sungguh kekuatan doa dapat lari dari kawanan copet itu dengan berusaha tidak menyerahkan dompet dan selamat.

Begitupun cerita ketua rombongan haji yang kehilangan jamaahnya dan sudah berusaha mencarinya tetapi nihil.Seolah tiada lagi harapan menemukan mereka kecuali dengan bergantung pada doa.Setelah berdoa di depan jumrah `Aqabah,apa yang terjadi kemudian?Sekejap saja setelah doa itut terucap,serta merta beberapa jama`ah yang hilang itu berjalan di hadapannya.Sungguh,merinding saat itu dan kejadian itu membuat hati kami haru dan bertambah yakin bahwa"Maha benar Engkau Ya Allah dengan segala janji-Mu; berdoalah kepada-Ku niscaya akan Ku-kabulkan."

Sebuah publikasi penelitian tentang kanker yang dilakukan oleh para peneliti dan Nasional nstitutesof Health,USA,yang dipimpin oleh Dr.Richad Childs,menyatakan bahwa penyakit kanker berat,seperti kanker darah,kenker ginjal dan kanker getah bening,biasanya sangat resisten dan tidak mempan terhadap pengobatan chemotherapy maupun radio therapy. Namun sel-sel kanker ganas ini justru sangat rentan (susceptible) dan takluk pada sistem kekebalan tubuh. Diantara cara peningkatan sistem kekebalan tubuh,sebagaimana temuan seorang dokter lulusan Universitas Airlangga Surabaya,adalah melalui doa dan shalat yang benar dan rutin(wirid tahajjud).Sumber majalah UMMI;manajemen doa oleh DR.Setiawan Budi Utomo.

Kaidah berdoa

Imam An-Nawawi dalam kitabnya al-Adzkar menyebutkan bahwa syarat diterimanya doa adalah mengkosumsi makanan halal dan berusaha menjauhi perbuatan maksiat.

Dalam kitab Ihya``Ulumuddin,Imam al-Ghazali menyampaikan sepuluh metode yang efisien dan efektif, yaitu:

1. Memilih waktu yang tepat dan memanfaatkan saat-saat mulia seperti ramadhan,`Arafah,Jum`at dan saat sepertiga akhir di waktu sahur yang merupakan mustajab.
2. Memanfaatkan kondisi yang mustajab(terkabul) seperti kondisi sujud,jihad,turun hujan dan diantara azan dan qamat.
3. Menghadap qiblat,menengadahkan tangan dan mengusap wajah saat selesai.
4. Menyederhanakan suara dan menghindari suara keras.
5. Menyederhanakan bahasa doa dan lebih utama-bila takut salah ucap-menggunakan doa alqur`an dan doa yang diajarkan atau dilakukan oleh Nabi(doa matsurat yang diajarkan oleh Rasulullah saw.)
6. Penuh khidmat,khusyu` dan emosi jiwa.
7. Bersungguh-sungguh dalam memohon dan berharap yang disertai keyakinan akan dikabulkan doanya.
8. Menekankan permohonannya dan dapat mengulanginya tiga kali tanpa disertai prasangka akan lama dikabulkannya.
9. Memulai doanya dengan dzikir dan pujian kepada Allah serta shalawat kepada Rasulullah saw.Bismillahhirohmaanirrohiim.Alhamdulillahi robbil`aalamiin.Allahumma sholii wasallim `alaa sayyidinaa muhaddin wa`alaa aalihi washohbihii ajma`iin ( lalu teruskan dengan doa yang dihendaki)
10. Itikad tulus dan niat kuat untuk bertaubat secara benar.

Doa dalam ayat-ayat al-Qur`an Banyak dalam ayat-ayat al-Qur`an yang baik untuk dibaca dan dihafalkan dalam doa sehari-hari.

Al-Baqarah:250,286, Ali`Imran:8,147,191-194Al-`Araf:23Al-Kahfi:10An-Naml:19Al-Furqon:74As-Syu`ara`:83-87Al-Ahqaf:15Al-Hasyr:10At-Tahrim:11

Silakan ditambahkan jika ada yang menemukan dalam surah dan ayat lain.

Wallahu`alam bish-showab.Yang benar datangnya dari Allah swt dan yang salah dari saya yang dhoif.(Aquulu qaulii hadza wastaghfirullah lii walakum)

wassalammu`alaykum wr.wb.
Yokohama,23 Maret 2006
Oleh : Ummu_azka
posted by nora @ Permalink 、2:12 PM  
4 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
 

Search

Tentang Kami
Indonesian Muslim Blogger
Divisi Kewanitaan IMB


    Room Kajian Muslimah ini merupakan program Divisi Kewanitaan IMB. Insya Alloh diselenggarakan sepekan dua kali, setiap Senin dan Kamis pukul 13.00 - 15.00 WIB

    Selengkapnya tentang kami
Materi Mutakhir
Arsip
Indonesian Bloggers Condemn Israel


Silaturahim

    by wdcreezz.com

    Name

    Email/URL

    Message

Link
Designed-By

Visit Me Klik It
Credite
15n41n1