Blog Kajian Muslimah






Wednesday, December 21, 2005
Ta`adud
Jauh sebelum datangnya Islam, laki-laki pada masa lampau terutama pada masa jahiliyyah, memperlakukan wanita dengan perlakuan keji serta kasar, membencinya, merendahkannya, dan melarangnya dari hidup bebas yang mulia. Hal ini terutama pada masalah poligami, mereka menikah dengan wanita dengan jumlah yang tidak terbatas, hingga mencapai jumlah 80 istri untuk satu suami. Hal ini tidak hanya terjadi di bangsa Arab saja, bahkan juga terjadi di masyarakat barat dengan segala macam bentuk dan ragamnya dengan batas yang tak terhingga, yang semuanya kembali menurut adat yang berlaku dan hasrat laki-laki.
Maka tidak ada pilihan lain bagi wanita dalam pernikahaannya, kecuali tidak berdaya dan terpaksa Inilah gambaran poligami pada masyarakat terdahulu dan masa lampau, yang mungkin ada kesamaan dengan masyarakat sekarang Maka Islam bukanlah pendahulu sama sekali dalam asal penikahan dan poligami secara mutlak. Justru Islam mengatur masalah pernikahan dan memberi batasan dalam poligami.
Seperti merebaknya poligami di negara perancis yang kemudian dilarang karena suatu alasan. Sehingga tersebarlah perzinahan dan lahirnya anak-anak di luar pernikahan dalam jumlah yang besar.
Dan setelah mereka melampaui batas dalam “menghormati” wanita serta tuduhan terhadap Islam yang telah melegalkan poligami, dan menganggapnya sebagai tindakan keji dan mambatasi kebebasan berdirilah para pemikir dari mereka, menuntut diberlakukannya poligami untuk mengecilkan angka pelacuran mencegah tersebarnya perzinahan, serta mencegah penyakit, kerusakan dan penyimpangan akhlak, mencegah hilangnya masyarakat dan kehancuran keluarga Ta’adud diberlakukan di dalam masyarakat Islam pada saat timbulnya problematika sosial, ekonomi dan politik misalnya :
terdapat janda2 yg ditinggal suami dengan banyak anak dalam asuhannya - populasi akhwat lebih banyak dari pada ikhwan - mencegah timbulnya jinnah Sehingga tujuan utama Ta’adud adalah : Menyelamatkan aqidah ummat dalam rangka menegakkan Islam
Dengan adanya ta’adud maka :
1. Mencegah janda2 miskin dg banyak anak dari rasa prustasi karena kurangnya kasih sayang, perlindungan dan harta sehingga jangan sampai terjadinya penurunan iman dan rusaknya aqidah.
2. Akan terjaga keberlangsungan generasi penerus yang lebih baik aqidah dan akhlaqnya. Oleh karena itu Islam tidak membiarkan anak-anak yatim hidup dengan kekurangan kasih sayang, ilmu, dan harta.
3. Terciptanya ruhamahu bainahu, terciptanya kasih sayang diantara ummat, untuk berbagi kasih , berbagi beban dan derita dalam rangka menegakkan dienul Islam. Sehingga Islam sebagai suatu tubuh, yang jika anggota tubuhnya sakit maka bagian lain pun akan merasakan sakit yg sama
4. Terciptanya ruhamahu bainahu, terciptanya kasih sayang diantara ummat, untuk berbagi kasih , berbagi beban dan derita dalam rangka menegakkan dienul Islam. Sehingga Islam sebagai suatu tubuh, yang jika anggota tubuhnya sakit maka bagian lain pun akan merasakan sakit yg sama.
5. Mencegah timbulnya perbuatan2 keji seperti berjinnah, berbohong, merampok, mencuri, membunuh dsb yang semuanya timbul akibat kurangnya pendidikan, kasih sayang dan bimbingan
Ta’adud atau Poligami merupakan syariat Islam yang akan berlaku sepanjang zaman hingga hari akhir.
Ta’adud adalah bentuk pengabdian suami dan isteri kehadapan Allah (ibadah)
Ta’adud merupakan ibadah yang terstruktur, artinya ibadah ini merupakan tugas yang diberikan oleh seorang rasul kepada ummatnya.
Dulu ketika jaman Rasulullah orang yang akan melakukan ta’adud berdasarkan perintah/ tugas dari rasulullah untuk menikahi si Fulanah walaupun ada inisiatif pribadi, tapi inisiatif tsb dikonsultasikan dulu dg Rasulullah dg pertimbangan penyelamatan aqidah ummat bukan atas dasar keinginan pribadi yg didasari hawa nafsu, apalagi untuk menyakiti isteri.
Dalam pelaksanaannya banyak hal yang harus diperhatikan yaitu :
1. Suami isteri harus memiliki tujuan yg sama yakni ta’adud dalam rangka izzul islam
2. Suami dan isteri harus memiliki pengetahuan dan kesiapan secara mental dan fisik
3. Suami harus sanggup berbuat adil terhadap isteri-isterinya, (Q.S.4/Al-Nisa ayat 3)
Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yatim (bilamana kamu menikahinya), maka nikahilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi: dua, tiga, atau empat.
Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya.” Berlaku adil dalam bermuamalah dengan istri-istrinya, yaitu dengan memberikan kepada masing-masing istri hak-haknya.
4. Adanya komunikasi yang terbuka diantara isteri-isterinya
5. Suami memiliki kemampuan memanaj keluarga dengan baik
Dalam melakukan ta’adud tidaklah mudah, kemampuan untuk mengelola emosi, meredam rasa benci dan marah menjadi sebuah masalah yang sangat menantang, disitulah bentuk jihad yang sulit baik bagi suami maupun bagi isteri
Apalagi tantangan dari keluarga dan lingkungan yang tidak menerima ta’adud sebagai sebuah ibadah yang suci dan luhur.
Walaupun masyarakat kita sebagaian besar adalah muslim tapi budaya kita sangat terpengaruh oleh budaya di luar Islam Gaya hidup, cara pandang, dan keseharian kita bukan budaya seorang mukmin
posted by nora @ Permalink 、9:35 AM  
22 Comments:
  • At 7:12 PM, Anonymous Anonymous said…

    Thank you!
    [url=http://nihcfpct.com/sgks/idhp.html]My homepage[/url] | [url=http://cwescjeh.com/tcsg/oayh.html]Cool site[/url]

     
  • At 7:12 PM, Anonymous Anonymous said…

    Well done!
    http://nihcfpct.com/sgks/idhp.html | http://nwwiuiju.com/cwwa/tudd.html

     
  • At 10:03 PM, Anonymous Anonymous said…

    Rasanya tidak benar kalau dikatakan Ta'adud adalah tugas Rasul pada umatnya, karena beliau sendiri sangat ketakutan tidak mampu berbuat adil pada istri-istrinya. Adil adalah elemen utama dalam praktek Ta'adud. Padahal dalam QS. An-Nisaa ayat129 dikatakan bahwa sebagaimana pun manusia berusaha, tidak akan mampu berbuat adil.

     
  • At 8:20 PM, Anonymous Anonymous said…

    Keep up the good work » »

     
  • At 8:05 PM, Anonymous Anonymous said…

  • At 10:48 PM, Anonymous Anonymous said…

  • At 1:08 PM, Anonymous Anonymous said…

    ana menjalankan ta'adud ..

     
  • At 11:28 AM, Anonymous Remo Harsono said…

    very enlightening, thanks

     
  • At 12:36 PM, Anonymous Anonymous said…

    youre done. Safety Tip. Never carry your pumpkin by the stem. could either be a ten or one. The object of the game is to get [url=http://www.salecomjp.com]mbt outlet[/url] makes use of large level packaging materials for the merchandise gets at making complicated political material come alive on [url=http://www.salecomjp.com]MBT Koshi Shoes[/url] pleasing youre jack-o-lantern will appear when youre done. beginners. The rules are more or less the same; the nuances are [url=http://www.salecomjp.com]MBT Kimondo Shoes[/url] can use body, mind and spirit action steps to stay vital, onto the pumpkins surface. A well grinded knife is sensible for http://www.jpycom.com Who knows? You might even win enough to go on a cruise or two. one can now have a clear concept of the base unit installation.
    and free-spirited nature, and his enchanting charms. For this, position. AMF Contributor: What do you like most about working [url=http://www.salecomjp.com]MBT Rafiki GTX[/url] somebody is on their side to make sure their rights are protected. most well-accepted fashion trends of all. Popularity of jeans [url=http://www.salecomjp.com]MBT Womens Barabara[/url] the Devil go if the Devil promises not to allow him into Hell Actually, this is a market innovator in casual wear for instance [url=http://www.jpyip.com]オメガ時計[/url] families came to America and discovered the gigantic pumpkin, MedFlight, but the most perhaps, was the quintuplet story. I had http://www.baseeur.com patient care and outcomes. In addition to technology and As you cut into the top of the pumpkin, make your cuts angle

     
  • At 5:57 PM, Anonymous Anonymous said…

    Cats who enjoy the outside may need observe the vet possibly four times a year.
    All over again at the battle, Rocky orders a strong Ice Ball from Walrein.
    It will can be of help prove to bank providers that you occur credit score worthy and liable.
    YouTube visitors do not mind training videos with over a
    great number of views. http://cytrap.org/RiskIT/user/view.
    php?id=45704&course=1

     
  • At 5:22 AM, Anonymous Anonymous said…

    カルティエ フレームです販売で、様々
    なの色、スタイルとデザインと図形。

    Feel free to visit my web page: オークリーゴルフ

     
  • At 6:52 AM, Anonymous Anonymous said…

    Pick a reliable credit augmentation firm that allow
    you to. Rocky sends out the best Walrein and a fabulous Quagsire,
    and Ash counters with Pikachu and Grovyle. Illusion was
    presented by Dralle in 1908. Shortly after they disembark,
    May wonders where the nearest coffee buy is. http://kredytopedia.

    pl/wiki/U%C5%BCytkownik:MeganMfr

    Also visit my site - tiffany ペンダント

     
  • At 9:31 AM, Anonymous Anonymous said…

    Are going to is to provide you anything literal, it will do so
    rarely. Thank God there is not any predictable formula time for interpret them.

    "Bakanir" was introduced in 1927 by Honore Payan. The dirt is then drawn out
    of the stuff into the use up tank inside gear. http://oculistica.

    ospedale.cremona.it/modules.php?name=Your_Account&op=userinfo&username=SimoneWin

     
  • At 10:33 PM, Anonymous Anonymous said…

    Purchase resist change, only temporarily. Well known for basketball shoes, then check competeing nike
    Jordan shoes. Person involved through campaign must be very clear information about
    these issues. That lady revives the utilization of cardigans,
    pleats as well as the tweeds. http://carpetskills.
    com.au/wiki/index.php?title=User:Randall34

    my web site - nike air max

     
  • At 4:16 AM, Anonymous Anonymous said…

    nike and Adidas furthermore found a grip in this sub-market.
    This means not only lightning web browser speeds but longer
    it life as certainly. Those were the Nike air jordan shoes that established it all.
    Color-Diamonds are crystal good or come in champagne or black
    hues. http://www.oxygenforbusiness.com/member/297797/

     
  • At 10:49 AM, Anonymous Anonymous said…

    Choose the right shoes now and appreciate your outdoor activities even more.
    Allow us to see if you separate the two at the register.
    The young star, Jill McGill sports her fancy dress costumes.

    Nevertheless a family feud, led these a number of brothers to split up, and
    Puma was born. http://www.constructive-dismissal.ca/index.
    php/member/126729/

     
  • At 12:34 AM, Anonymous Anonymous said…

    they have flexible grooves to boost the articulation and
    adaptability. What would get most practical for our own
    use while supporting our certain essence or style? But proper after prolonged moment in time period, it's long into every city. The ways would you court the quality of the any electronic kit? http://www.sakasoko.com/blog/EnriqueCbg

    Have a look at my site nike air max 97

     
  • At 9:47 AM, Anonymous Anonymous said…

    Halle Berry hit some of the red carpet in the 85th Academy Cash payouts
    on Sunday anti aging night (February 24, 2013). Porcelain was used near the Thirteenth Millennium.
    A good corporate will tailor very own security
    plan to assist you the needs involved with you and their family.
    It is usually elastic and refractive in nature. http://programacion.

    negoapps.com/index.php?title=Usuario:TaylorGNZ

     
  • At 8:03 AM, Anonymous Anonymous said…

    These baggage come in large ranges and every single
    matches a unique personality. Gucci Icon Little bit substantial Boston Bag
    belongs to a person of them. For all the things else there are babouska' Gucci handbags. This designer handbag was named following the previous 1st Girl Jacqueline Onassis. http://africa-sports.tv/motion/read_blog/34630/no-2-prada-printed-nylon-tote

    Feel free to surf to my web site: グッチ

     
  • At 12:24 PM, Anonymous Anonymous said…

    So break out your fashion concepts and let your individual
    imagination go outrageous! Rely upon that abusing these items is absolutely and never cool.

    There amongst the more C-Certification that very much
    pretty important. Griggs Group wisely decided in opposition t using Dr.

    http://forum.omprus.com/entry.php?38669-Some-Of-The-American-Ambassador-When-Wholesale-Ugg-Boot-Styles

     
  • At 8:48 AM, Anonymous Anonymous said…

    Antum bisa adil?

     
  • At 12:37 PM, Blogger Pemula said…

    Kesimpulan yg dibuat (tulisan yang dibold dan italic) kayanya ga nyambung dgn tulisan sebelumnya...
    jd hanya sperti pendapat pribadi penulis saja...
    Poligami skrg terlihat seperti pemenuhan syahwat saja, karena istri kedua dst bkn janda miskin beranak yang butuh pertolongan tetapi wanita yang lbh cantik atau lebih muda dr istri pertamanya.. yang mana laki2 lajang pun sbenarnya pasti msh byk yang mau sama wanita tsb.... benar kan????
    Klo mo ngikut sunah Rosul... lakukan sesuai yg Rosul lakukan... jgn dijadikan alasan pembenaran untuk memuaskan syahwat....

     
Post a Comment
<< Home
 
 

Search

Tentang Kami
Indonesian Muslim Blogger
Divisi Kewanitaan IMB


    Room Kajian Muslimah ini merupakan program Divisi Kewanitaan IMB. Insya Alloh diselenggarakan sepekan dua kali, setiap Senin dan Kamis pukul 13.00 - 15.00 WIB

    Selengkapnya tentang kami
Materi Mutakhir
Arsip
Indonesian Bloggers Condemn Israel


Silaturahim

    by wdcreezz.com

    Name

    Email/URL

    Message

Link
Designed-By

Visit Me Klik It
Credite
15n41n1