Blog Kajian Muslimah






Monday, September 19, 2005
Taqarrub ilallah.
Alhamdulillah, sebentar lagi ( kira2 awal tgl 04 Ockt) kita akan mendapatkan tamu Agung.selayaknya , bila akan kedatangan tamu maka kita akan bersiap2 menyambutnya.dan mengucapkanya, Ahlan wasahlan ( selamat datang ) duhai bulan suci ... bulan yg penuh berkah, agung dan bulan yg seharusnya kita nantikan kr banyaknya keutamaan didalamnya.
"Sekiranya manusia mengetahu kebiakkan yg terdapat didlm di bulan Ramadhan , tentulan mrk mengharapkan supaya slh bulan adalah bu lan Ramadhan(HR.Ibnu Huzainah )
Nah, untuk itu kita perlu mempersiapkan dalam Ramadhan ini, agar Ramadhan ini menjadi bulan yg lebih baik dari Ramadhan yg telah kit lalui.Angaplah Ramadhan ini, adalah yg trakhir bagi kita kr kita tdk tahu umur yg telah ditentukan . apkh samapi ke Ramadhan nanti .dan jagalah ibdah2 didalamnya dg yg berkwalitas , jadi bukan hanya ibadah sekedar menggugurkan keawajiban.
Adan bbrp persiapan dalam m`yonsong Ramadhan ini...:
1-persiapan wawsan
luas dan sempitnya wwsan seseorang thd sesuatu akan menpengaruhi sikap dan persepsinya thd sesuatu.
begitupun dg persepsi dg Ramadhan ini, maka akan terlihat cara penyambutannya .
klau masyarakat yg hanya memahami Ramadhan sbg ibadah biasa maka tidaklah mengerankan kalau mensikapinya hanya sbg budaya saja. budaya menahan lapar dan haus.
budaya merbah jadwal makan, budaya menyambutnya dg foya2 belanja makanan yg berlebihan dan pakaian."Rasulullah pernah m`khawatirkan akan hal ini, sesuai dg hadistnya... betapa byk org yg melakukan puasa namun, ia tdk memperoleh pahala melainkan hanya lapar dan haus untuk itu dg kita mempersiapkan dg membacaca keutamaan Ramadhan dan cara2 / ilmunya dalam beramal ... insyaAllah kita mempunyai program2 agar ada kemajuan dlm ibadah.
2-persiapan ruahani.
persiapan ruhani, ini sangat mempengaruhi semangatnya dlm ibadah kpd Allah SWT.
semakin bersih hatinya , maka semakin tinngi nilai ruhiynya dan semakin menikmati manisnya dan indahnya ibadah2 yg dilakukannya.Untuk itu, dlm bulan Sya`ban ini kita perlu melakukan pemanasan...selain untuk membersihkan hati kita dalam m`yambut Ramadhan ini, juga perlu agar ketika Ramadhan sudh terbisa.
Amalan2 Rasulullah selama Sya`ba al Sya`ban antara lain:
Memperbanyak shaum sunnah dn baca Qur`an,
Sholat Lail/malam, meperbanyak shadaqah, juga berbuat baik , melunasi hutang( kl ada ) .
Nah, dg usaha pensucian ini, jiwa kita akan mampu memasuki Ramdhan dg penuh kegembiraan.
3-persiapan fisik.
Ini juga mempengaruhi semangat kita dlm beribadah.hal ini berhubungan dg pemanasan yg kita lakukan dalan Sya`ban ini.dimana dg puasa sunnah mk akan sehat " berpuasalah kalian niscaya akan sehat , Al-hadist".
begitupun dg meperbanyak ibadah2 sunnah yg dianjurkan Rasulullah, juga kan mempengaruhi kesehatan hati dan fisik.
4.persiapan yg trakhir, persiapan matri.
Ramadhan dikenal juga dg bulan dermawan dan sosial.
dg persiapan materi ini, diharapkan kita bisa mencontoh teladan kita Rasulullah SAW dlm bershadaqah.
"Rosulullah SAW adalah manusia yg paling dermawan dan beliau sangat dermawan pada bulan Ramadhan"
bahkan dlm salah satu hadist dikatakan kedermanan beliau laksana hembusan angin.Kesempatan kita u/ berzakat juga baiknya disegerakan.
posted by nora @ Permalink 、12:23 PM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
 

Search

Tentang Kami
Indonesian Muslim Blogger
Divisi Kewanitaan IMB


    Room Kajian Muslimah ini merupakan program Divisi Kewanitaan IMB. Insya Alloh diselenggarakan sepekan dua kali, setiap Senin dan Kamis pukul 13.00 - 15.00 WIB

    Selengkapnya tentang kami
Materi Mutakhir
Arsip
Indonesian Bloggers Condemn Israel


Silaturahim

    by wdcreezz.com

    Name

    Email/URL

    Message

Link
Designed-By

Visit Me Klik It
Credite
15n41n1