Blog Kajian Muslimah






Wednesday, February 23, 2005
Bersama Cinta Kita Berubah
Cinta dan kasih sayang adalah ruh kehidupan dan pilar keselamatan bagi umat manusia. Apabila kekuatan gravitasi dapat menahan bumi dan bintang-bintang dari pertumbukan satu sama lain, sehingga terselamatkan dari kehancuran, terbakar atau berguguran, maka perasaan cinta dan kasih sayang menjadi tali perekat antara sesama manusia sehingga tidak terjadi pertumbukan antara sesamanya yang dapat menghantarkan pada kehancuran. Sehingga dikatakan, Seandainya cinta dan kasih sayang telah mempengaruhi dalam relung kehidupan, niscaya manusia tiada lagi membutuhkan kadilan dan undang-undang. Mengapa ??........
Jika kita simak hamparan alam semesta sesungguhnya Allah menciptakan semuanya dalam naungan keseimbangan cinta dan kasih sayang-Nya. Sehingga tiada satupun ciptaan Allah yang sia-sia. Tidakkah engkau lihat dalam ciptaan Tuhan yang pemurah itu serba teratur. (QS. 67 : 3)

Wahai Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan semua ini dengan sia-sia. Maha suci Engkau maka peliharalah kami dari siksa api neraka. (QS 3 : 191)
Bila kita perhatikan dan renungkan dengan seksama, terciptanya manusia pun adalah hasil pertautan cinta dan kasih sayang dua insan yang memadu cinta. Cinta adalah satu-satunya mutiara yang dapat memberikan keamanan, ketentraman dan kedamaian.
Kita mencintai segala sesuatu dan segenap insan, bahkan mencintai kesulitan, rintangan dan tribulasi kehidupan yang menghadang disekitar kita sebagaimana kita mencintai nikmat dan kesenangan.
Karena rintangan dapat membangun semangat dan melahirkan kekuatan untuk menghadapi tantangan, menggerakkan dan membangkitkan jiwa untuk berbuat dan bertindak.
Maka dengan cintalah seharusnya manusia bertindak, cinta dalam arti yang hakiki. Kenikmatan dan penderitaan muncul akibat mendapatkan yang cocok dan meleset.
Cinta mengawal perubahan Cinta kata Syaikh Jasim Badr al Muthawwi' adalah jalan pintas menuju perubahan.
Betapa banyak jiwa yang berubah menjadi baik disebabkan oleh cinta.
Berapa banyak akal yang terbenahi dikarenakan oleh cinta?
Akan tetapi betapa tidak sedikit jiwa yang linglung, limbung dan hilang keseimbangan juga "gara-gara" cinta? Dan banyak lagi akal yang gila karena terserang virus cinta???
Alkisah...hmmm....Al Ash bin Rabi', suami Zainab binti Muhammad saw, lari kota Makkah karena lari dari Islam. Akhirnya Zainab menulis surat padanya karena dorongan rasa cinta dan kembalilah Al Ash memenuhi panggilan cinta dan masuk Islam. Thufail bin Umar Ad-Dausi, ketika telah memeluk Islam, istrinya pun datang menghampiri. Namun ia melarangnya seraya berkata, Engkau telah menjadi haram bagiku ! Mengapa?, tanya isrinya heran. Aku telah memeluk Islam, jawabnya. Maka sang istripun berkata, Aku telah menjadi bagian dari dirimu dan engkau telah menjadi bagian dari diriku. Agamamu adalah agamaku, maka akupun memeluk Islam. Itulah pernyataan ke-Islam-an secara sadar dan murni karena dorongan cinta. Itulah tanda bukti cinta, bahwa ia tunduk kepada orang yang dicintai dan mendahulukannya daripada kepentingannya sendiri.
Namun menurut Ibnu Qayyim, cinta seseorang terhadap orang lain sejatinya untuk dirinya sendiri. Yakni meraup nikmat cinta untuk dirinya.
Bila kita cinta Allah, maka Allah pun akan mencintai kita dan melimpahkan rahmat serta ridha-Nya.
Bila kita cinta Rasulullah saw tentu kita berharap mendapatkan syafaatnya dihari kiamat.
Maka bila anda cinta diri anda, selamatkan diri anda dan berubahlah sejak sekarang....
*dari Buku Tarbiyah Dzatiyah seri Kiat Sukses Manajemen Diri

(Materi Kajian Muslimah tanggal 12 Januari 2005)
posted by nora @ Permalink 、3:00 PM  
1 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
 

Search

Tentang Kami
Indonesian Muslim Blogger
Divisi Kewanitaan IMB


    Room Kajian Muslimah ini merupakan program Divisi Kewanitaan IMB. Insya Alloh diselenggarakan sepekan dua kali, setiap Senin dan Kamis pukul 13.00 - 15.00 WIB

    Selengkapnya tentang kami
Materi Mutakhir
Arsip
Indonesian Bloggers Condemn Israel


Silaturahim

    by wdcreezz.com

    Name

    Email/URL

    Message

Link
Designed-By

Visit Me Klik It
Credite
15n41n1