Blog Kajian Muslimah






Friday, February 04, 2005
Menyikapi Poligami
Poligami dalam wacana syariat Islam bukanlah sesuatu yang hukum dasarnya dianjurkan apalagi diwajibkan, tetapi yang benar bahwa hukum dasarnya adalah dibolehkan.
Dalam kasus tertentu, polygami merupakan satu-satunya cara untuk menyelesaikan masalah social karena polygami sebagai cara untuk menyelesaikan masalah sosial itu bersumber dari ayat Qur'an.

Dalam keluarga yang tenteram dan sejuk (sakinah) antara suami dengan isteri terjalin rasa sayang (mawaddah) dan cinta-kasih (rahmah) timbal-balik, sedangkan dalam hal yang kasuistik, keluarga sakinah dapat pula tercipta dengan rumus: mawaddah dan rahmah berbagi dalam diri dua, tiga, ataupun empat isteri.

Polygami menurut ajaran Al Quran bukanlah suatu pintu gerbang yang dilalui oleh umum, melainkan hanya berupa pintu khusus untuk hal-hal yang kasuistik. Sebab turunnya ayat menyangkut polygami berlatar belakang kasus yang khusus, yaitu adanya sejumlah anak yatim beribukan janda akibat peperangan. Polygami memberikan jalan keluar bagi permasalahan membesarkan, memelihara, mendidik anak-anak yatim. Firman Allah:

Wa in Khiftum Alla- Tuqshituw fiy lYatamay faNkihuw Ma- Tha-ba laKum min nNisa-i Matsnay wa tsulatsa wa Ruba'a, fa in Khiftum Alla- Ta'diluw fa Wa-hidatan aw Ma- Malakat Ayma-nukum (pabila engkau khawatir tidak dapat berlaku adil, maka nikahilah seorang saja, atau nikahilah apa yang dapat kamu kuasai dengan tangan kananmu) (QS.An Nisa-',3).

Al-Quran memberi syarat yang lumayan berat untuk berpoligami yaitu asas keadilan. Selain itu tentu saja kecukupan harta dan kemampuan-kemampuan yang lain.
Jangankan hukum dasar poligami, sedangkan hukum nikah (untuk yang pertama kali) pun bukan mutlak sunnah atau wajib, tetapi dikembalikan kepada kondisi seseorang. Karena itu bila kita cermati hadits-hadits yang menganjurkan nikah, maka kita dapati bahwa selalu ada syarat yang dikedepankan sebelum seseorang dianjurkan untuk menikah.
Polygami sebagai pintu khusus yang kasuistik mempunyai persyaratan berlaku adil seperti bunyi ayat (4:3). Dapatkah seorang suami berlaku adil bagi isteri-isterinya? Dalam kasus-kasus tertentu mengapa tidak, yaitu sang suami berbagi rata rasa mawaddah wa rahmah. Apa tolok ukurnya suami telah berlaku adil?
Kalau di antara isteri-isteri itu hidup rukun secara ikhlas, itulah tolok ukurnya. Persyaratan persetujuan isteri dalam Undang-Undang Perkawinan pada hakekatnya merupakan penafsiran kontextual dari ayat (4:3).
Di samping mengemukakan polygami sebagai jalan keluar untuk kasus yang khas, ayat (4:3) mengemukakan pula salah satu metode untuk menghilangkan perbudakan secara mulus, (yang dikuasai dengan tangan kanan). Dengan cara ini perbudakan dihentikan dengan jalan memotong garis keturunan budak-budak perempuan. Keturunan dari hasil perkawinan itu bukanlah budak lagi. Menurut Sunnah RasuluLlah SAW, beliau menikahi budak dengan memerdekakannya sebagai mahar, yaitu Syafiyyah binti Huyay, Rayhana binti Zaid dan Mariyah binti Syam'un Al Qibthiyyah.

"Wahai para pemuda, siapa saja diantara kalian yang telah mampu maka menikahlah, karena menikah itu bisa menahan pandangan dan memelihara kemaluan. Tapi bila tidak mampu, maka hendaklah puasa, karena puasa itu dapat membentengi".

Jadi menikah itu menjadi suatu anjuran asal sudah memiliki kemampuan dan bila kemampuan itu belum ada, maka tidak lagi dianjurkan. Bahkan hukumnya pada kasus tertentu bisa menjadi makruh dan sampai kepada haram. Sedangkan mereka yang mampu, memang dianjurkan dan yang sudah sampai pada batas zina malah diwajibkan.
Sehingga dalam kitab-kitab fiqih, para ulama memberi hukum menikah itu dengan lima hukum, yaitu sunnah, wajib, mubah, makuh dan haram. Semua tergantung kondisinya.
Maka begitu juga dengan poligami, hukumnya sangat ditentukan oleh kondisi seseorang, bahkan bukan hanya kondisi dirinya tetapi juga menyangkut kondisi dan perasaan orang lain.
Inti yang ingin saya sampaikan di sini adalah : bahwa hukum poligami itu ada dlm qur'an, kita sebagai muslimah tdk bisa membantahnya, walaupun hukum poligami ini sifatnya hanya dibolehkan

(Diskusi muslimah dengan tema "Poligami" hampir selalu berlangsung seru. Ada yang pro, kontra, maupun yang berada di tengah-tengah. Meskipun begitu, pada akhir diskusi, semua sepakat bahwa Poligami memang diperbolehkan dalam Islam. Sebagai seorang muslimah yang paham Islam, tidak selayaknya menentang adanya poligami ini. Berikut komentar-komentar yang muncul dari peserta diskusi berkaitan dengan poligami)


  • Poligami sering dipandang negatif, terutama oleh kaum non muslim. Ada pengalaman seorang ukhti yang sedang bermukim di Jepang, yang pernah ditanya oleh orang Jepang apakah suaminya mempunyai istri banyak, karena dalam imagenya, poligami identik dengan Islam. Oleh karena itulah, seorang muslimah perlunya memahami konteks ajaran islam dengan sedemikian baik, melihatnya dari berbagai sisi. Kita perlu benar2 menggali lebih dalam ttg apa dan bagaimana sebenarnya, agar persepsi kita menjadi baik. Poligami sudah ada ketentuannya dalam Al Qur'an. Insya Allah pada dasarnya tak pernah ada yang salah dari ketetapanNya, hanya banyak saja banyak yg belum kita temukan. Misalnya saja latar belakangnya, efek2nya, syarat2nya, dsb. disini kita perlu 'melupakan' sejenak bahwa kita perempuan yg akan menjadi istri, supaya lebih obyektif. Kemudian setelah itu, bila itu menyangkut diri kita, kita bs pertimbangkan dengan baik, bermusyawarah dsb.


  • Yang agak berat biasanya khan krn perasaan sang wanita yg akan di madu nah.. biasanya jadi menyalahkan adanya Poligami tsb yg ada di dalam Islam terutama kaum feminis


  • Temanya yang laen boleh ga? Belum siap nih. Baru nikah soalnya.


  • Aku stuju adanya poligami dlm quran..


  • Bikin perjanjian ama suami sebelum menikah


  • Gimana klo ngijinin suami poligami klo kita udah meninggal ? karena rosulullah berpoligami setelah Siti Khadijah meninggal. Dan gimana klo mengijinkan suami hanya menikah dengan janda-2 aja?


  • Malam ahad kmrn ikut kajian di DT, ustaznya blg, sudah fitrahnya akhwat itu berjiwa monogami, dan ikhwan berjiwa Poligami, jadi sebagai akhwat bagaimanapun harus siap untuk dipoligami


  • Saya pikir poligamy buat suatu keharusan... itu adalah sebuah keputusan yang dibuat 2 belah pihak (suami-istri). Klo salah satu ga setuju maka poligamy tidak boleh terjadi


  • Pada prakteknya poligami sekarang kan sudah melenceng dari apa yg dicontohkan Rasulullah dan nabi2 sebelumnya


  • Poligami disukai laki2 dibenci wanita


  • Poligami juga memberi kesempatan kepada akhwat untuk memasuki pintu surga bila hatinya ikhlas.


  • Dalam Al Qur'an disebutkan bahwa : Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yang yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi : dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil[265], maka (kawinilah) seorang saja[266], atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya.
    265]. Berlaku adil ialah perlakuan yang adil dalam meladeni isteri seperti pakaian, tempat, giliran dan lain-lain yang bersifat lahiriyah.
    [266]. Islam memperbolehkan poligami dengan syarat-syarat tertentu. Sebelum turun ayat ini poligami sudah ada, dan pernah pula dijalankan oleh para Nabi sebelum Nabi Muhammad s.a.w. Ayat ini membatasi poligami sampai empat orang saja.


  • tapi menurut saya sebagai Istri, kita harus memenuhi kewajiban kita sebagai istri, seperti melayani, bertutur lemah lembut dsb.. setelah kewajiban sudah dilaksanakan tentunya akan memperkecil keinginan sang Suami utk berpoligami..


  • Diizinin aja, daripada selingkuh atau suami maksiat khan kita sbgai ikut nanggung


  • Kalo nurut saya sih, klo memang itu satu2 nya solusi yang harus ditempuh ya apa boleh buat


  • Mungkin ini juga semacam ujian yang allah berikan kepada kaum hawa untuk sejauh man mengetahui kecintaan kepada NYA


  • 'afwan klo boleh berkata, sesungguhnya kita sebagai akhwat, ga usah trlalu takut atau dipusingkan ttg poligami, mau tdk mau kita memang harus siap, klo suami kita nanti poligami, atau mungkin juga harus siap klo trnyata kita dtakdirkan jadi yg ke2, yg hrs dipersiapkan skrg adalah gmna kita memilih suami yang sholeh, krna suami yg sholeh dia akan menjaga perasaan istrinya, dan tdk akan berbuat zhalim thdp istrinya, klopun dia mau poligami, dia pasti akan benar2 menjaga perasaan istrinya dan mempertimbangkannya masak2, ksh bocoran aja yach Aa' Gym tuch dah diizinin sama teh ninih utk poligami, tapi beliau tidak mau poligami


  • Poligami, menurut pasangan poligami yang pernah cerita ke saya, adalah untuk membentuk sebuah sinergi dari kekuatan yang tercerai-berai dari setiap istri. mulainya ayat ttg poligami itu diawali dari 2..3..sampai 4



Pertanyaan :

Bagaimana bila poligami dilakukan dengan niat untuk mendapatkan keturunan?


  • Alasannyanya syar'i, karena bukankah suatu yg wajar sekali klo seorang menginginkan keturunan, dan krn nya ia berijtihad utk mendapatkannya dgn cara poligami. Karena telah dikatakan bahwa keturunan yang soleh adalah salah satu tabungan ketika kita meninggal Bukankah nabiullah ibrahim melakukan hal yg sama. Setelah bertahun2 menunggu akhirnya beliau menikah kembali.


  • Masalah keturunan....menurut saya juga bagian dari hak prerogatif Allah. Ketika kita berusaha semaksimal mungkin, suami istri sehat, subur, tetapi Allah memang belum memberi anak. Jadi istri tidak bias disalahkan. Kalau soal kesulitan anak, ada contohnya nabi Zakaria.
    Awal adanya poligami adalah bahwa Rasul ingin menyelamatkan janda-janda korban perang, agar mereka terlindungi. Kembali saja pada awal adanya poligami...seharusnya itu pegangannya ketika seorang suami ingin berpoligami


  • Knp gak poenya keturunan selalu dijadikan alasan suami utk berpoligami, kalo gitu hukumnya apa dong.. Apa islam memang mengijinkan pdhal si istri gak mau dipoligami krn tau kualitas suaminya gak bisa adil satu aja keteteran..apalagi 2


  • Sebenarnya kita ga bisa menilai hal ini dengan satu sisi. Apalagi menggunakan perasaan perempuan.



Tambahan artikel tentang poligami untuk referensi :
Hukum Poligami

Tafsir Ayat Tentang Poligami

Resume Kajian Muslimah tanggal 2 Februari 2004
posted by nora @ Permalink 、7:13 AM  
26 Comments:
  • At 3:58 PM, Anonymous Anonymous said…

    Saya pernah beberapa kali mengikuti pengajian DT dan saya bersimpati pada aa gym...tetapi setelah ceramah nya ttg polygami..terus terang saya sekarang menjadi tidak respect!!Menurut aa Gym yang katanya ustad itu...bahwa perempuan emang dari sono nya 'mono' dan laki-laki dari sono nya 'poly' itu dasarnya apa??? apakah beliau itu yang menciptakan manusia?? menciptakan laki-laki dan perempuan?? sehingga bisa tau betul dan yakin kalau sifat dua jenis manusia itu seperti itu?? siapa bilang perempuan tidak bisa jatuh cinta lagi kepada laki-laki lain setelah menikah??..sifat manusia tidak ada yg berbeda..keduanya pun baik laki-laki dan perempuan punya nafsu..Intinya Landasan pernikahan adalah komitment!!!! dan janji bahwa kedua belah pihak tidak saling menyakiti dan setia.
    Saya harus menerima bahwa polygami memang di sahkan dalam Islam, tapi sayang...banyak sekali .. termasuk yang katanya mengaku ustad dan katanya tau banyak ttg islam..justru menjadikan ke"sah" an itu perlindungan untuk membenarkan keinginan nafsu syahwat nya saja.
    Mohon maaf kalau tidak berkenan, tapi saya sudah benar-benar ingin muntah dengan perilaku orang-orang seperti itu.

     
  • At 1:25 PM, Anonymous Anonymous said…

    Ass w w,
    Saya seorang suami, istri saya punya teman sabut saja M. Setelah menikah 10 th suami M menikah lagi dan menjadi figur sebagai oligamer yang mampu menciptakan keluarga sakinah di masyarakat.
    Dibalik itu, M senantiasa curhat ke istri saya, tentang derita yang dialami. Seperti, - anak yang jadi benci lelaki berlebihan (melihat uminya dikhianati abi nya)- istri barunya yang senantiasa minta hal yang sama, misal minta rumah mobil dll. - Tindak kekerasan ketika dia menolak berbuat intim. Padahal istri pertama tersbut memang moodnya tidak bisa on (maaf) lagi karena senantiasa kebayang dihari sebelumnya suami bermesraan dgn istri barunya. Disitu hati lembut dan sensitifnya wanita yang berbeda dengan pria. Ketika moodnya tidak siap maka wanita tidak akan bisa berhub intim.
    banyak juga keluhan lain seperti ketika mencium parfum wanita dibaju suaminya. Semuanya ditahan ditahan dan ditahan, demi setianya istri tersebut pada suami.
    Wahai para suami, cermatlah membaca perasaan wanita.

     
  • At 1:15 PM, Anonymous Anonymous said…

    Assalamu 'alaikum
    Ini adalah pelajaran berharga bagi umat muslim dan muslimah Indonesia untuk lebih rasional dalam memilih figur pemimpin. Allah maha adil, kita harus percaya bahwa keadilan yang seadil adilnya hanya milikNya. Keadilan yang haqiqi bukanlah keadilan yang didefinisikan orang yang merasa bisa berbuat adil padahal dia hanya tidak mampu melakukan Manajemen Qolbu seperti yang diajarkannya sendiri. Wassalam

     
  • At 11:24 PM, Anonymous Anonymous said…

    Assalamu 'alaikum
    Memang susah masalah syahwat ini. Banyak juga libido sex perempuan (yg masih istri sah orang) yg tinggi, shg selingkuh dg tetangganya (yg kadang masih perjaka). Ingat "Arisan Plus" yg dilakukan para (sebagian berstatus) ibu yg pernah ditayangkan salah satu stasiun TV swasta? Mereka mengundang penari pria utk melakukan .... Jadi bgm menyikapi ini, bahwa tdk semua perempuan itu "mono", sdg laki2 itu "stereo",kan? Bukankah poliandri tetap tdk boleh menjadi "jalan keluar"?
    Ato alasan poligami krn tdk ada keturunan. Apabila yg mandul ternyata Si Suami, bolehkah Si Istri poliandri dg alasan suaminya mandul?

     
  • At 9:35 AM, Anonymous Anonymous said…

    M.Natsir pernah berdebat dengan soekarno tentang maslah ini, Soekarno dengan "segala retorikanya" mendebat dan tidak menyetujui adanya poligami sedangkan M.Natsir menyetujui poligami karena memang ada landasannya. Dalam sejarah berikutnya yang terjadi adalah selama hidupnya M.natsir beristri hanya 1 sedangkan soekarno..... (aih anda lebih tahu).
    simpulannya: dalam suatu ketetapan hukum yakini dulu bahwa itu adalah benar karena biasanya hikmah akan kita petik belkangan atau setelahnya.wallahu'alam.
    kaji...kaji...kaji...!!! dengan kacamata imani. i love u bro and sis. cause Allah SWT.

     
  • At 3:00 PM, Anonymous Anonymous said…

    Hello! This post could not be written any better!
    Reading this post reminds me of my old room mate!
    He always kept talking about this. I will forward this
    page to him. Fairly certain he will have a good read. Thanks for sharing!


    my web page - Free PSN Codes Facebook

     
  • At 12:03 PM, Anonymous Anonymous said…

    Because the admin of this web page is working, no hesitation very soon it will be well-known, due to its quality contents.



    Also visit my weblog Free Sex Games

     
  • At 7:06 PM, Anonymous Anonymous said…

    Every weekend i used to pay a visit this
    web page, because i want enjoyment, as this this site conations really fastidious funny stuff
    too.

    Here is my web page; adult games

     
  • At 7:06 PM, Anonymous Anonymous said…

    Why visitors still make use of to read news papers when in this technological world everything is presented on net?


    Stop by my webpage my sex games

     
  • At 9:28 AM, Anonymous Anonymous said…

    I dugg some of you post as I cogitated they were
    very useful very beneficial

    Here is my web blog; make money With adfly

     
  • At 9:31 PM, Anonymous Anonymous said…

    Fantastic beat ! I would like to apprentice while
    you amend your web site, how could i subscribe for a blog website?
    The account aided me a acceptable deal. I had been a little bit acquainted of this your
    broadcast offered bright clear concept

    Review my page ... earn money with

     
  • At 9:35 AM, Anonymous Anonymous said…

    I do accept as true with all the concepts you've presented on your post. They're really convincing and will certainly work.
    Still, the posts are too short for newbies. May you
    please prolong them a bit from next time? Thanks for the post.


    Also visit my page; password hack

     
  • At 2:42 AM, Anonymous Anonymous said…

    Have you ever considered writing an ebook or guest authoring on other blogs?

    I have a blog based on the same topics you discuss and would really like to have you share some stories/information.
    I know my subscribers would value your work. If you are even remotely interested, feel free to send me an e mail.


    my web site; big money ptc

     
  • At 5:51 AM, Anonymous Anonymous said…

    I like this web site very much, Its a real nice place to read and incur info
    . "'Taint't worthwhile to wear a day all out before it comes." by Sarah Orne
    Jewett.

    my homepage; psn cards

     
  • At 9:24 PM, Anonymous Anonymous said…

    Hello it's me, I am also visiting this web page on a regular basis, this web site is truly pleasant and the users are in fact sharing pleasant thoughts.

    my webpage: aimbots

     
  • At 9:24 PM, Anonymous Anonymous said…

    Now I am going away to do my breakfast, once having my breakfast coming
    yet again to read additional news.

    Here is my web blog ... aimbot.net

     
  • At 9:24 PM, Anonymous Anonymous said…

    It's actually very complicated in this active life to listen news on TV, thus I simply use world wide web for that reason, and take the hottest news.

    My web page: cs 1.6 aimbot

     
  • At 12:27 PM, Anonymous Anonymous said…

    These are genuinely enormous ideas in about blogging.
    You have touched some nice factors here. Any way keep up wrinting.


    my web page :: Miscrits Cheats

     
  • At 9:27 PM, Anonymous Anonymous said…

    I do trust all the ideas you've introduced for your post. They are very convincing and can certainly work. Still, the posts are too short for novices. May you please extend them a bit from subsequent time? Thanks for the post.

    my web page: pdf password remover

     
  • At 9:00 AM, Anonymous Anonymous said…

    Hey! I know this is kinda off topic but I was wondering if you knew where I could locate
    a captcha plugin for my comment form? I'm using the same blog platform as yours and I'm having difficulty finding one?

    Thanks a lot!

    My weblog: tube toolbox

     
  • At 4:06 PM, Anonymous Anonymous said…

    Hello, i think that i noticed you visited my site thus i got here to return the prefer?
    .I'm attempting to in finding things to improve my site!I assume its ok to make use of some of your ideas!!

    Also visit my web-site free virtapay

     
  • At 3:53 AM, Anonymous Anonymous said…

    Hi, I log on to your blogs daily. Your writing style is witty, keep
    doing what you're doing!

    my web blog ... Youtube Marketing Software

     
  • At 4:55 PM, Anonymous Anonymous said…

    Wow! This blog looks just like my old one! It's on a entirely different subject but it has pretty much the same page layout and design. Outstanding choice of colors!

    Feel free to visit my blog post: Youtube Marketing Software

     
  • At 11:44 AM, Anonymous Anonymous said…

    Does your blog have a contact page? I'm having trouble locating it but, I'd like to shoot you an e-mail.
    I've got some suggestions for your blog you might be interested in hearing. Either way, great blog and I look forward to seeing it improve over time.

    Feel free to visit my website ... lost password ()

     
  • At 12:17 AM, Anonymous Anonymous said…

    Definitely imagine that that you said. Your favourite
    reason seemed to be at the web the simplest thing to take
    into account of. I say to you, I certainly get irked at the same time
    as other people consider worries that they just
    don't understand about. You managed to hit the nail upon the top and also outlined out the whole thing with no need side-effects , folks can take a signal. Will likely be again to get more. Thank you

    My blog post :: hack twitter

     
  • At 4:56 PM, Anonymous Anonymous said…

    Ahaa, its fastidious conversation regarding this article at this place at
    this web site, I have read all that, so now me
    also commenting here.

    My page: advanced mass sender []

     
Post a Comment
<< Home
 
 

Search

Tentang Kami
Indonesian Muslim Blogger
Divisi Kewanitaan IMB


    Room Kajian Muslimah ini merupakan program Divisi Kewanitaan IMB. Insya Alloh diselenggarakan sepekan dua kali, setiap Senin dan Kamis pukul 13.00 - 15.00 WIB

    Selengkapnya tentang kami
Materi Mutakhir
Arsip
Indonesian Bloggers Condemn Israel


Silaturahim

    by wdcreezz.com

    Name

    Email/URL

    Message

Link
Designed-By

Visit Me Klik It
Credite
15n41n1